Pages

Tuesday, February 03, 2009

Mandriva 2009 memang sip !!


Mandriva, salah satu distro besar Linux telah mengeluarkan Mandriva 2009 yang merupakan versi Mandriva teranyar pada tanggal 9 Oktober 2008 lalu dan kita dapat mendownload secara free versi Mandriva 2009 Free atau Mandriva 2009 One. Pada Majalah Info Linux edisi Januari 2009, telah tersedia DVD yang memuat Mandriva 2009 Free dalam bentuk siap install dan Mandriva 2009 One dalam bentuk iso dan syukur nya, DVD Mandriva juga termuat di majalah edisi ekonomis nya, tidak hanya di edisi reguler nya, Terima Kasih Info Linux.

Bagi anda yang sudah menggunakan Mandriva 2008, dapat memilih opsi Upgrade ketika proses Instalasi DVD nya. Saya pun juga menggunakan Mandriva 2008, namun saat proses Upgrade ke Mandriva 2009, di nyatakan gagal, entah kenapa, sehingga saya menginstall ulang Mandriva 2009 ke dalam Komputer saya.

Saat proses Instalasi sudah selesai, perbedaan yang mencolok adalah di GUI nya. Saya memilih KDE dan Mandriva 2009 menggunakan KDE 4.1, sedangkan saat Mandriva 2008, masih menggunakan KDE 3.5. Di KDE 4.1, shortcut yang ada di desktop bukan sebagai file shortcut lagi, tetapi sebagai Widget. Walaupun sebagai Widget, tentu saja dapat kita modifikasi, dengan memilih "Unlock widgets" di pojok kanan layar. Perbedaan lain adalah, Mandriva 2009 membundle OpenOffice.org 3.0. Tampilan Open Office 3.0 ini banyak beda dengan versi 2.x, yaitu sudah tidak ada image icon lagi. Semua nya berupa text, seperti "page preview", hanya ada tulisan "page preview" saja, tidak ada gambar icon "kertas nya lagi", sehingga bagi saya, awal nya agak asing dengan tampilan seperti ini, apalagi bagi kakak saya yang baru belajar Ms.Office dan menggunakan komputer saya untuk kepentingan belajar nya, tentu nya lebih aneh lagi.

Sama seperti generasi sebelum nya, Mandriva 2008, versi 2009 tidak menyertakan aplikasi pemrograman PHP di DVD nya, hanya ada Mysql yang di muat di dalam DVD nya. Bagi komputer yang terhubung dengan koneksi Internet, tentu nya tidak masalah akan hal ini, karena dapat mengambil repository via Internet, namun bagi komputer Stand Alone, harus mencari cara untuk mendapat paket PHP dan Apache, baik dengan install manual maupun dengan menyertakan DVD Mandriva 2007, yang sayang nya versi PHP di Mandriva 2007 adalah versi PHP 5.2.1 (Terbaru saat ini PHP 5.2.8) dan itu pun jika Mandriva 2007 tidak bermasalah sebagai sumber aplikasi. Di Komputer saya, menjadikan DVD Mandriva 2007 juga sebagai DVD Source menemui kendala.

Bagi yang memiliki kartu grafis yang lumayan, ada baik nya juga menggunakan fasilitas 3D dari Mandriva 2009 ini, dengan mengaktifkan "Configure 3D Desktop effects".
Itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Linux Mandriva terbaru, Mandriva 2009, yang saya nilai merupakan versi yang sangat bagus untuk di gunakan oleh pengguna PC. Dan dengan keluar nya versi terbaru dari Mandriva 2009 ini dan juga versi Linux lainnya yang merupakan Open Source yang dapat kita peroleh secara bebas, seharus nya sudah semakin jauh kita meninggalkan Software Bajakan. Linux memang semakn matang sebagai sebuah Sistem Operasi.

No comments: