Pages

Thursday, December 04, 2008

Ustadz

Saya pernah menonton sebuah acara live Talk Show yang menampilkan sosok seorang Ustadz. Dalam acara itu, sang Ustadz berbicara masalah agama dan sering menyitir dali-dalil dari Al-Quran dan Hadits Nabi dengan lancar nya. Tidak ada yang salah sampai di sini dan memang seorang Ustadz harus menyampaikan ilmu nya kepada objek dakwah nya. Lawan bicara nya yang terdiri dari beberapa orang dan hanya satu orang yang kira nya ada ilmu agama nya dan yang lain terkesan awam. Itupun juga tidak ada yang salah.
Yang saya ingin katakan di sini adalah, hendaknya tidak hanya Ustadz atau Kyai yang memiliki pengetahuan agama yang baik, namun kita sebagai umat Islam juga harus memiliki pengetahuan Islam, yaitu Al-Quran dan Hadits serta ilmu ke Islaman lainnya dengan baik pula, walaupun mungkin tidak sebanyak apa yang sang Ustadz miliki, karena seorang Ustadz atau Kyai pernah di didik khusus atau pernah belajar lebih banyak tentang Islam di banding kita yang bukan seorang Ustadz, walau sebanar tetapi hal tsb tidak menutup kemungkinan kita untuk dapat menguasai Al-Quran dan Hadits dengan baik atau melebihi ilmu seorang Ustadz, karena memang kalau kita terus belajar, Insya Allah akan mendapat ilmu nya, walaupun tanpa di sebut seorang Ustadz atau Kyai. "Menuntut Ilmu adalah Kewajiban setiap Muslim/Muslimat"(Al-Hadits), menandaskan kewajiban kita untuk menuntut ilmu, termasuk ilmu Islam, sehingga kita dapat melaksanakan ibadah dengan baik, dapat mengetahui hukum halal dan haram dan dapat berdakwah dengan apa yang kita tahu serta tidak mudah di ombang-ambing oleh berbagai pemikiran yang sesat, seperti pemikiran Jaringan Islam Liberal (JIL) yang banyak sesat dan menyesatkan.
Ustadz Jafar Umar Thalib, di dalam sebuah acara Talk Show di sebuah stasiun Televisi, di tanya mengenai makin berkembang nya pemikiran JIL di masyarakat, mengomentari hal tsb, beliau mengatakan, bahwa hal itu di sebabkan karena JIL berhasil memanfaatkan dangkal nya pemahaman Islam umat Islam atau karena kebodohan Umat Islam atas ajaran agama nya sendiri. Jadi, mari kita terus belajar Islam secara terus menerus, sambil berusaha untuk mengamalkan dan mendakwahkan ilmu Islam yang kita miliki. Salam.

No comments: