Pages

Monday, August 25, 2008

Menulis Blog dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris ?

Selama ini saya menulis blog kebanyakan menggunakan bahasa Indonesia, dengan tujuan pembaca dari teman-teman sendiri dan pembaca dari Indonesia. Saya penah berkunjung ke sebuah blog orang Indonesia yang kebanyakan artikel nya di tulis dengan bahasa Inggris dan nampak nya dia bertujuan pembaca blog nya orang dari luar negeri dan itu cukup masuk akal, karena Internet berskala global, tidak ada perbedaan apakah blog kita di buka di Indonesia atau di luar negeri.

Jika sasaran pembaca blog kita dari Indonesia, memang terasa lebih baik jika kita menulis blog dengan bahasa Indonesia, yang walaupun cukup banyak dari kita orang Indonesia yang dapat membaca artikel berbahasa Inggris, tetapi lebih mudah dan taste Indonesia jika membaca artikel berbahasa Indonesia. Namun artikel berbahasa Inggris memiliki pasar pembaca yang jauh lebih banyak, karena jumlah penduduk Indonesia lebih sedikit dari penduduk di luar sana, namun karena kita atau saya dan semua teman-teman saya orang Indonesia, maka akan menguntungkan bagi saya dan teman-teman lain jika membaca artikel berbahsa Indonesia. Keuntungan menulis blog dengan bahasa Indonesia, adalah kita lebih lancar menulis dan ide-ide di kepala terasa mengalir tanpa halangan bahasa dan tidak perlu kamus, serta dapat menggunakan bahasa gaul dan sehari-hari yang kita pakai, sedangkan keuntungan mengisi blog dengan bahasa Inggris adalah, kita sekalian berlatih menulis bahasa Inggris dan memiliki pasar pembaca yang lebih luas serta berpotensi menjalin hubungan dengan orang dari berbagai warga negara, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional.

Akhir-akhir ini, saya memadukan tulisan di blog saya antara bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris, jadi selama 1 minggu saya menulis 2-4 artikel yang salah satu nya adalah artikel berbahasa Inggris dan sejak saat itu, tidak ada komentar di blog saya, saya kurang tahu pasti apa sebab nya, tetapi counter dan sitemeter di blog saya tetap menunjukkan ada tamu yang berkunjung ke blog saya.

Kemarin malam saya mencoba ikut bloggerforum dan mencoba memperkenalkan blog saya di forum yang bahasa komunikasi nya adalah bahasa Inggris, saya memperkenalkan blog saya yang sebagian isi blog nya adalah berbahasa Inggris. Karena beberapa pertimbangan, maka saya memutuskan untuk mengisi blog saya ke depannya dengan menggunakan bahasa Inggris nya pada sebagian besar postingan artikel nya, baik untuk konten lokal atau konten global, namun saya juga tetap berusaha mengisi blog saya dengan artikel berbahasa Indonesia, paling tidak 1 kali dalam 1 bulan, jadi jika 8 artikel dalam 1 bulan, maka 12.5% adalah artikel berbahasa Indonesia dan 87.5% adalah artikel berbahasa Inggris dan saya coba memperkenalkan keluar blog saya ini, agar mendapat kunjungan dari para pembaca.

Mengisi blog, walaupun itu tanpa pembaca sama sekali, tetap lah berguna, untuk melatih kemampuan menulis dan menuangkan ide, bahkan menulis di buku harian, tujuannya agar buku itu kita baca sendiri, sebagai catatan pribadi kita. Tetapi dengan adanya pembaca di blog kita, kita berharap semoga isi blog kita bermanfaat dan berpengaruh terhadap mereka, jadi memiliki nilai tambah.

1 comment:

Nine Stars said...

PT. Nine Stars Futures merupakan sebuah perusahaan Pialang Berjangka yang menyediakan berbagai macam fasilitas, mulai dari trading Forex & Gold, Index Saham Asia, dan Komoditi.