Pages

Wednesday, August 13, 2008

Fedora 9.0




Hari ini, Rabu 6 Agustus 2008, saya mencoba Menginstall Fedora 9.0 yang saya dapat dari bonus DVD Majalah InfoLinux edisi Agustus 2008 versi ekonomis. Hanya dengan membeli majalah tsb seharga Rp.20.000,-, saya mendapat bonus sebuah DVD Fedora 9.0 yang fantatis, sungguh beruntung. Cukup bermodal 1 DVD saja, saya mendapat paket software lengkap, Office, Grafis, Programming,dll, semua ada di situ. Saya menginstall Linux ini sebagai partisi secondary, partisi utama saya load dengan Linux Mandriva 2007 dan tidak menutup kemungkinan saya beralih ke Fedora 9.0, karena menyertakan paket software lebih baru di banding Mandriva 2007, beberapa contoh adalah :
Linux Software/Paket
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Fedora 9.0 GIMP 2.4.5 OpenOffice.org 2.4 gtk2-2.12.9-5 PHP 5.2.5
Mandriva 2007 GIMP 2.3.14 OpenOffice.org 2.1 gtk+2.0-2.10 PHP 5.2.1
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Masalah nya adalah, apakah dengan bertambah maju suatu Software membutuhkan Specs Hardware yang lebih besar. Untuk Fedora 9.0, saya belum tahu, tetapi mari kita lihat saudara nya Fedora 9.0,Linux Distribusi lain, yaitu Linux SUSE 11.0, yang di rilis secara resmi pada 19 Juni 2008. Suse 11.0 datang dengan teknologi yang lebih baru dan lebih canggih, namun tidak membutuhkan specs Hardware yang sangat tinggi, cukup dengan notebook biasa saja. Hal ini bertolak belakang dengan Vista yang datang dengan software yang di klaim lebih canggih dari sebelum nya (Windows XP), namun membutuhkan Specs Hardware yang gila-gilaan (Seperti yang di sampaikan I Made Wiryana di InfoLinux ). Dan saya yakin tidak jauh beda keadaan nya dengan Fedora 9.0, datang dengan versi Software yang lebih baru, namun tidak membutuhkan Specs Hardware yang jauh lebih tinggi.
Linux telah menawarkan sesuatu yang segar dan sudah sejajar dengan Windows bahkan di sisi yang lain sudah lebih maju serta dapat di peroleh secara free. Pertanyaan nya adalah Ć¢€�Masih kurang apalagiĆ¢€� sehingga kita masih enggan untuk beralih ke Linux dan lebih memilih software bajakan, kecuali jika tidak ada faktor-faktor kekuasaan kita (Mis: Di kantor, pengen make Linux, tapi perusahaan masih berkutat dengan Windows bajakan, sedangkan kita bukanlah owner atau Boss, hanya seorang karyawan biasa .... jadi repot deh ... :( ). Untuk skala global, pertanyaan di atas tadi patut di layangkan. Masih kurang apalagi Linux itu ?

No comments: