Pages

Sunday, July 27, 2008

Oleh-oleh dari Enterprise PHP Development Workshop


Pada hari Kamis, 24 Juli 2008, saya menghadiri sebuah Workshop bertema Enterprise PHP Development dengan menggunakan Zend yang di selenggarakan oleh PT.Rynet Cipta Teknologi, Zend Authorized untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura bertempat di Kantor Rynet, Wisma Metropolitan II, Jakarta.

Workshop di isi oleh 3 orang pembicara, yaitu, mas Rama dan mas Riki dari Zend Indonesia/Rynet dan mas Riyogarta, sebagai user Zend.
Workshop ini berisi mengenai pengenalan mengenai Zend, yaitu Zend Core, Zend Platform, Zend Framework dan Zend Guard. Zend adalah sebuah Software Komersial untuk PHP Development dan juga sebuah nama perusahaan PHP yang di dirikan oleh pengembang bahasa PHP, yaitu Andi Gutmans dan Zeev Suraski.

Di dalam Workshop tsb, di singgung, bahwa PHP dahulu nya adalah sebuah bahasa yang lebih cocok untuk tugas skala middle-down dan kurang pas untuk skala enterprise. Tetapi PHP berkembang, hingga saat ini sudah memasuki versi 5.2.x, dengan dukungan Object Oriented yang powerful dan merupakan spesialisasi bahasa pemrograman untuk Web Based. Dengan dukungan dari berbagai Web Server dan Database, menjadikan PHP bukanlah sebuah bahasa pemrograman sederhana, tetapi sudah merupakan bahasa pemrograman powerful dan sudah pantas di gunakan di kalangan Enterprise, dalam hal ini merupakan pesaing kuat dari Java dan dot net di kalangan Enterprise.

PHP sendiri merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mudah di pelajari, tetapi sulit untuk menjadi master PHP. Dan bagi anda yang merasa sudah cukup lama berkecimpung di dalam PHP dan tahu banyak mengenai PHP, saya rasa lebih baik untuk dapat melirik sertifikasi PHP, yaitu Zend Certified Engineer (ZCE). ZCE sendiri kalah popular di banding dengan sertifikasi dari Cisco, Microsoft dan Oracle.
Yang agak menarik, para pembicara menggunakan 3 Sistem Operasi yang berbeda, yang nampaknya hal itu merupakan suatu hal yang kebetulan, tidak di rencanakan. Pembicara mas Rama, menggunakan Sistem Operasi Windows Vista, Om Riki, yang merupakan ZCE menggunakan Macintosh kesukaan nya dan Bang Riyogarta menggunakan Ubuntu. Saya agak terkejut melihat tampilan Ubuntu yang di gunakan oleh Bang Riyogarta, mirip seperti Macintosh, bahkan lebih menarik dari pada Macintosh dan nampak nya itu merupakan versi Ubuntu terbaru, yaitu Ubuntu 8.x. Mandriva 2007 yang saya pakai sehari-hari, sudah menggunakan versi KDE 3.5, walaupun grafis nya sudah halus dan menarik namun belum semenarik Desktop dari Ubuntu versi terbaru. Untuk hal ini, Linux, memang luar biasa, tetapi pertanyaan nya, kenapa masih sangat banyak orang di Indonesia yang masih terpaku dengan Windows, bajakan lagi ... :(.

Akhir dari Workshop tsb bagi saya, adalah penambahan pengetahuan mengenai Zend khusus nya dan PHP umum nya, serta mendapat sertifikat ke ikutsertaan Workshop, hal yang sudah lama saya tidak dapatkan selama ini, lumayan, menambah bukti De Jure di bidang Teknologi Informasi.

9 comments:

http://imagine-candy.blogspot.com said...

pengen juga belajar
php,..tapi kayanya suzah ya,...soalnya gw kalo belajar program suka bingung,...kadang isa kdg enggak

Akhmad Sofwan said...

... Dapat msg dari imagine-candy lagi nich. Biar pun gue engga tahu, siapa kah gerangan imagine-candy itu, tapi thanks yach ... atas kunjungan dan ngisi komentar nya ...

Anonymous said...

Mas Sofwan, saya Nico dari Rynet. Terima kasih untuk komentar nya atas workshop kami. Ditunggu saja untuk event workshop yang akan datang dari kami...

warm regards and happy PHP'ing


Nico

Akhmad Sofwan said...

Waduh .... dapat kunjungan dari Tuan yang ada di Rynet. Engga nyangka saya .... Terima kasih mas Nico atas kunjungan dan ngisi komentar nya.

Anonymous said...

mengapa tidak:)

Rama Yurindra said...

Dear Mas Sofwan, saya Rama dari Rynet, mohon ijin artikelnya di blog nya kami posting di www.enterprisephpcenter.com di menu Blogs Articles

Akhmad Sofwan said...

@Rama Yurindra : Silahkan saja mas untuk posting artikel saya ini, terima kasih.

Anonymous said...

@imagine-cand : bangunkan passion, mulai belajar, download manual php, lihat contoh code di situ, coba buat program baru yang sederhana, dan perluas pandangan programming dengan melihat code code github. saya yakin bisa

@Artikel ini :
saya sudah bilang dari dulu php bisa enterprise tapi banyak yang gak percaya. padahal php versi terbaru sudah punya b compilar untuk buat binary class dan berbagai macam fitur baru yang buat php makin powerfull yang mengadopsi beberapa fungsi cerdas yang di miliki c dan javascript. lagian kalo masalah gui bisa pake GTK kalau gak pun ajax sudah ok....

Juning tyas said...

Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di sini