Pages

Tuesday, April 29, 2008

Zend Certified Engineer (ZCE)


Suatu hari saya melihat di suatu situs, terdapat logo Zend Certified Engineer (ZCE) yang tercantum di suatu Blog, yang menandakan, pemilik Blog tsb adalah seorang ZCE dan di logo tsb terdapat link menuju halaman Authentic Certificate yang punya ZCE tsb.

Apa itu ZCE ?. ZCE adalah sebuah Sertifikat keahlian Internasional dalam bahasa PHP yang di keluarkan oleh Zend. Bagi yang sudah akrab dengan PHP, tentu mengenal apa itu Zend atau paling tidak pernah mendengar kata Zend. Zend adalah sebuah nama perusahaan PHP yang di dirikan oleh Andi Gutmans dan Zeef Suraski. Selain sebuah nama perusahaan, ada juga Zend Engine, Zend Platform dan Zend Studio, yang semua nya berhubungan dengan PHP dan menjadi produk perusahaan Zend, seperti hal nya Java, yang terkait erat dengan Sun Microsystem, PHP terkait erat dengan Zend.

Di Indonesia, ZCE kalah populer dengan sertifikat dari Cisco, Microsoft atau bahkan dengan Red Hat.Di Indonesia, hanya 3 orang yang memegang sertifikat ZCE ini . Di negara lain pun, seperti Singapore (1 orang ZCE) dan Malaysia (7 orang ZCE), yang tingkat melek IT nya lebih tinggi, yang memiliki ZCE tidak lah banyak dan memang untuk pasar Tenaga Kerja IT di Indonesia, lebih di syaratkan pemegang sertifikat Cisco (CCNA/CCNP), Microsoft (MCSE,MCDB,dll) dan Oracle (OCP) serta Linux (RHCE). Walaupun pengguna PHP di dunia sangat banyak bahkan PHP adalah salah satu bahasa Scripting terbanyak di gunakan untuk pembuatan situs atau Web Based Application di seluruh dunia.

Jika melihat perkembangan dunia pasar tenaga kerja IT di Indonesia, semakin banyak perusahaan yang mensyaratkan atau menjadi nilai tambah bagi pemegang sertifikat IT Internasional, sehingga imbas nya banyak institusi pendidikan IT Non Formal yang menawarkan ujian Sertifikat IT International dan juga berimbas ke Universitas bahkan Sekolah Menengah yang membantu para siswa atau mahasiswa nya untuk mendapatkan sertifikat tsb dengan cara mengadakan Training Ujian Sertifikat yang bekerja sama dengan lembaga tertentu.Bahkan, kecenderungan nilai Sertifikat IT Internasional melebihi nilai ijazah Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi yang biasa-biasa saja. Jadi, apakah Sertifikat IT International itu penting dewasa ini ?,wah kalau itu rasa nya sudah banyak di bahas, kita tidak bahas di sini.

Kembali ZCE, jika anda sudah lama 'bermain' di PHP dan ingin membuktikan atau ingin pengakuan Internasional mengenai skill anda, saya rasa tidak ada salah nya untuk mencoba menjadi seorang ZCE. (Sofwan)

6 comments:

Albi Adiktia said...

Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi cisco yg sangat berguna sekali.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
Informasi Seputar Cisco Gunadarma

Oktisa Rahmawati Choerun Nisa said...

nice

http://st3telkom.ac.id/

zelvia dwi said...

makasih postnya
ST3 Telkom

dina lestari said...

good post..


http://st3telkom.ac.id/

Adel Jopong said...

bagus,,


ST3 Telkom

Library Qu said...

Swiming is the best exercise in summer and running in winter
QU-IT & QU